Senin, 07 Februari 2011

A Walk To Remember - OSIS Periode 2010/2011

A Walk To Remember - OSIS Periode 2010/2011

Ini adalah catatan ringkas tentang perjuangan untuk menjadi pengurus OSIS yang ternyata panjang dan sangat melelahkan. Ini juga catatan nyata tentang kenangan-kenangan OSIS Periode 2010/2011.

Suatu kehormatan buat saya karena bisa menjadi bagian dari OVER(D)OSIS. Menjabat selama 1 tahun sebagai Ketua Sek.Bid 2. Dan memiliki 2 anak buah yang sangat ‘batu’. 1 tahun yang hampir terlewati. 1 tahun dengan kerja keras kita, semangat kita, impian-impian kita, dan kenangan-kenangan kita. 1 tahun penuh perjuangan, demi membuat almamater tetap menjadi yang terbaik.

The Beginning

-Wawancara

Senin, 21 Desember 2009. Ingat hari itu? Itu adalah hari dimana kita melakukan wawancara OSIS. Hari dimana kita di tanya-tanya, di bentak-bentak, dan di uji mentalnya oleh kakak-kakak OSIS yang pada saat itu masih menjabat. Rasanya takut untuk memasuki Laboratorium IPA yang digunakan untuk wawancara. Rasanya ragu, gugup, dan tegang ketika kita sudah duduk di depan kakak-kakak OSIS. Jawaban kita serba salah! Dan rasanya lega ketika kita sudah melewati itu semua dan keluar dari ‘gubuk penyiksaan’ itu. Beberapa di antara kita pun bahkan menangis atau sekedar berkaca-kaca. Tidak sedikit yang mempunyai rasa ingin balas dendam. Itu fakta.

-Komisi

Selasa, 22 Desember 2009. Sehari setelah masa wawancara, kami kembali bertemu untuk menentukan pembagian komisi. Tidak semua yang dapat maju ketingkat ini. Hanya beberapa orang terpilih yang layak maju ke tahap ini. Tahap ini adalah tahap untuk mecari 10 formatur OSIS yang baru. Komisi A, B, dan C. Yang mana komisimu? Masing-masing komisi di haruskan untuk membuat makalah yang sudah di tentukan. Komisi A tentang Kepemimpinan, Komisi B tentang Organisasi, dan Komisi C tentang Wawasan Wiyata Mandala. Hasil dari kerja keras kita dalam menyusun makalah yang baik dan benar akan di pertanggungjawabkan di SIdang Pleno dalam Latihan Dasar Kepemimpinan SIswa (LDKS). Bukan hanya makalah saja, kita juga harus membuat yel-yelan untuk komisi kita sendiri. Tahap ini adalah tahap yang benar-benar serius, karena menyangkut kedepannya lagi.

-LDKS

Sabtu-Minggu, 16-17 Januari 2010. Inilah yang ditunggu-tunggu, karena kita akan menampilkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerja keras kami selama hampir 1 bulan ini. Tegang, gugup, dan takut. Mayoritas dari kami pasti merasakannya. Tapi mau tidak mau kita harus tetap bersemangat dan tidak boleh pesimis. Itu nasihat dari kakak-kakak OSIS. Setiap penyaji dari komisi, akan membacakan isi makalah yang telah dibuat komisinya. 2 orang penyanggah akan menjawab sanggahan yang diluncurkan oleh perwakilan komisi lainnya. Penyanggah inilah yang amat begitu penting di komisi. Tidak sembarang orang bisa menjadi seorang penyanggah. Setiap termin pasti akan mengobarkan semangat-semangat tiap komisi. Suasana riuh dan semua berseru. Di akhir acara ini, kakak-kakak OSIS akan mengumumkan kepada kami tentang siapa yang berhak masuk 10 formatur OSIS.

-10 formatur OSIS 2010/2011

Setelah berpidato di depan umum pada Upacara Bendera sehari setelah sidang pleno berakhir, setelah berkampanye ke setiap kelas, dan setelah menunggu hasil voting dari setiap anak, inilah 10 Formatur OSIS periode 2010/2011.

Ketua OSIS: Gilang Esa Mohammad

Wakil Ketua OSIS 1: Kevin Arisudana

Wakil Ketua OSIS 2: Fury Oktria Putra

Sekretaris Umum: Giry Rizky Riyadi

Sekretaris 1: Bayu Aji Prasetyo

Sekretaris 2: Dea Amalia Andhika Putri

Bendahara Umum: Melinda Fortuna

Bendahara 1: Nur Fitri Octaviani

Dan 2 orang lagi yang menempati bangku ketua sekbid;

Ketua Sek. Bid 5: Desti Yuwastina

Ketua Sek. Bid 6: Tania Heri Luvita Aldeina

Merekalah orang-orang yang terpilih. Di tangan merekalah fondasi baru OSIS akan terbentuk. Mereka akan berunding untuk menyusun cabinet kepengurusan OSIS. Dari muali Ketua Sek. Bid hingga Bidang-bidang di bawahnya.

-Pengumuman akhir kabinet OSIS periode 2010/2011

Jum’at, 22 Januari 2010, kita (orang-orang yang terpilih oleh 10 formatur) mendatangi ruang OSIS. Dan disanalah kita semua di beri pengumuman jabatan kita masing-masing. Untuk pertama kalinya kita semua bertemu secara langsung dalam suatu kabinet baru. Tentu saja kita senang. Tapi itu juga pertanda bahwa kami harus mempertanggung jawabkan jabatan kami selama 1 tahun ini.

-Latihan PBB

Dimulai pada hari Senin, 25 Januari 2010. Sebelum pelajaran berakhir, kami semua –calon pengurus OSIS 2010/2011- dipanggil untuk latihan baris-berbaris di lapangan. Kakak-kakak OSIS akan mengajarkan kami gerakan dasar dalam baris berbaris lalu di lanjutkan untuk persiapan untuk Sertijab (Serah Terima Jabatan). Latihan PBB ini benar-benar melelahkan. Menguras tenaga dan mental. Latihan PBB bagaikan ‘pembantaian massal’ bagi kita.

-Sertijab

Sehari sebelum sertijab sekaligus hari terakhir kita menghadapi cobaan ini, kita di wajibkan ke sekolah dan mengikuti acara gladiresik yang ternyata ajang pemberian coklat untuk senior kita masing-masing. Dan pada akhirnya, 1 Maret 2010, pukul 07.00, serah terima jabatan pun di laksanakan dan resmilah kami menggantikan OSIS periode 2009/2010. Setelah acara sertijab, kami —pengurus OSIS yang baru— berkumpul di lapangan belakang untuk melaksanakan ritual tampar-tamparan yang sudah menjadi tradisi setiap sertijab selesai dilaksanakan tiap tahunnya. Kurang lebih 30 menit, pipi kami harus menahan sakitnya di tampar. Ya, menjadi OSIS memang butuh perjuangan, guys! Lalu kami pergi nonton film ke Mega Bekasi Hypermall untuk perayaannya. Tentu saja, sang Ketua OSIS yang bayar^^. Disini, banyak kejadian lucu yang tidak bisa di gambarkan dengan kata-kata.

Kami adalah pengurus OSIS periode 2010/2011!! :D

-Gerak Jalan

Gerak jalan di depan Kantor Walikota Bekasi, ingat? Event pertama yang kita hadiri sebagai Pengurus OSIS yang baru. Yang paling membekas pada hari itu (07 Maret 2010) adalah setelah kita ikut gerak jalan, kita semua main ke rumah Gilang, dan dengan tanpa rasa malu, beberapa temen-temen kita (Gilang, Kevin, Fury, Jipau, Hilmy, Fajar, Mukti, Jordhy, Sevian, Khalid, [siapa lagi sih?]), berenang di kolam berenang yang menjadi fasilitas dirumah dinas Ayahnya Gilang, selaku Walikota Bekasi. Mereka mengadakan pertanding futsal di kolam renang. Benar-benar konyol!

-Laporan Progam Kerja

Setiap sekbid diwajibkan menyampaikan program kerja tertulisnya secara terperinci. Setelah itu sekretaris akan membawakan laporan program kerja kami kepada Pembina. Kalian ingat? Betapa mendadaknya perintah itu di keluarkan (16 Maret 2010) dan betapa cepatnya perintah itu harus selesai dilaksanakan (18 Maret 2010). Kita bahkan harus pulang sore demi menyelesaikan laporan program kerja itu. Ini lah moment pertama dalam setiap sekbid, menyelesaikan tugas bersama. Moment pertama yang tidak akan bisa aku lupakan :’)

-Perpisahan Kelas 9

Acara khusus untuk kelas 9; perpisahan (23 Juni 2010) merupakan salah satu acara penting di sekolah. Dan betapa bangganya kita —OVER(D)OSIS— bisa ikut berperan dalam suksesnya acara ini. Beberpa dari kami di tugaskan sebagai penerima tamu, bagian konsumsi dan keamanan. Pada acara ini, penerima tamu perempuan memakai kebaya lengkap dengan polesan make up, sedangkan untuk penerima tamu laki-lakinya memakai jas. Untuk bagian konsumsi yang perempuan juga memakai kebaya (dengan atau tanpa make-up) dan laki-lakinya memakai kemeja batik sederhana. Untuk bagian keamanan, mereka memakai kaos putih.

-MOS

(12-14 Juli 2010) Inilah yang paling kita tunggu; Masa Orientasi Siswa. Karena MOS, kami bisa ‘mengerjai’ anak-anak baru dengan membawa atau memakai barang-barang yang sudah di tentukan (tentu saja berupa clue). Di kesempatan ini, kita juga akan di kejar-kejar para anak baru untuk dimintai tanda tangannya. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang menyogok dengan makanan. Lewat MOS, para murid baru lebih mudah mengenali lingkungan barunya dan menjalin hubungan yang harmonis dengan warga sekolah lainnya. Masa Orientasi Siswa ini di tutup dengan demo ekskul. Penampilan dari seluruh ekskul di sekolah untuk mempromosikan ekskulnya agar siswa-siswi baru berminat untuk bergabung dengan ekskul tersebut. Betapa menyenangkannya saat itu!

-Pensi

Tanpa kegiatan ini, OSIS di anggap belum maksimal dalam melaksanakan program-programnya. Pensi ini adalah puncak dari kegiatan OSIS. Pensi adalah event yang paling di tunggu oleh para murid. Karena lewat pensi, para siswa bisa menunjukkan bakatnya di depan guru dan orangtua murid. Pensi yang dilaksanakan pada 22 Desember 2010 dan merupakan persembahan OVER(D)OSIS ini, di beri tema oldish dengan judul “Satoe Djaman Doeloe”. Para murid dianjurkan untuk memakai pakaian yang bernuansa jadul. Pensi memang berjalan dengan lancar (tanpa hambatan yang berarti) dan sukses. Tapi, ingatkah perjuangan kita mempertahankan pensi ini? Banyak sekali ujian dan hambatan yang di berikan. Rasa shock bahkan putus asa pun pernah singgah di diri kita akan pensi ini. Tapi, karena kita menghadapi ini semua bersama-sama, ujian dan hambatan itu bisa terkendali. Di akhir acara, kita kembali meneriakkan “OVERDOSIS, YEY! MENATAP LANGIT!!” dengan suara lantang seolah menunjukkan pada dunia bahwa kita telah berhasil menyelenggarakan pensi ini dengan penuh perjuangan kita.

Setelah pensi berakhir, kita kembali mengurusi regenerasi kepengurusan OSIS. Sama seperti kisah kita tahun lalu: wawancara, komisi, dan ldks. Tapi, jika tahun lalu kita semua adalah peserta dari semua itu, tahun ini kita-lah panitianya! LDKS dan pengumuman 10 formatur yang baru seakan memberikan signal bahwa masa jabatan kita tidak akan lama lagi. Ditambah lagi, beberapa hari kemudian, 10 formatur yang baru telah mengumumkan kabinet baru OSIS Periode 2011/2012. Menyedihkan!

Beberapa event yang kita lewati bersama sebelum resmi menjadi Pengurus OSIS:

-Pelantikan OSIS (Taman Mini) (19-20 Februari 2010)

Bukan hanya kita yang di lantik, murid-murid kelas 7 pun juga di lantik untuk ekskulnya. Acara ini di selenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 19-20 Februari dengan menginap 1 hari 1 malam di Desa Wisata. Kita mendapatkan 2 kamar yang berbeda lokasi. Tentu saja perempuan dan laki-laki terpisah. Kita menikmati outbond sambil hujan-hujanan dan memainkan permainan lainnya bersama. Banyak sekali peristiwa yang mengocok perut disini! Pada malam hari, kita di suruh tampil mendadak dalam acara malam seni. Dan betapa hebatnya kita bisa mengatur semua selama kurang dari 1jam. Subuh, pada tanggal 20 februari kita di bangunkan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Kita di berikan lilin yang tidak boleh padam dan disuruh pergi ke suatu tempat untuk mengisi pertanyaan dalam sebuah kertas. Setelah kita semua kembali, kita di kejutkan dengan hilangnya Gilang yang ternyata hanya akal-akalan para kakak OSIS dan para guru. Logika kita ternyata cepat menangkap bahwa ini hanyalah permainan, tidak sungguhan. At least, Gilang berhasil kami temukan. Dalam perjalanan pulang, bus yang isinya seluruh pengurus OSIS melaju dengan cepat. Wajah-wajah lelah menghiasi kita semua. Bahkan ada yang sudah tertidur dengan pulasnya (baca: Mukti, Kevin, Wili) padahal belum setengah perjalanan.

-Science and Mathematic Competition III (27 Februari 2010)

Kalau mungkin tahun lalu atau dua tahun yang lalu kita adalah peserta lomba MIPA, tahun ini, kita lah yang menjaga pelaksanaan lomba MIPA. Sebagian besar dari kita di tugaskan untuk menjadi pendamping ruangan. Dan sebagian kecil dari kita sebagai pemantau kebersihan. Sungguh bangga bisa terlibat dalam kepanitian lomba MIPA ini!

(sediiiiiiiiiiihh yaa mau lengserrr!! OVER(D)OSIS, ini aku persembahkan untukmu! Maaf ya kalo kurang bagus dan gak lengkap. Ini ngerjainnya juga penuh perjuangan loh. Sampe sini dulu ya, soalnya emang terakhir kan LDKS. Liputan latihan PBB dan sertijabnya pasti aku post kok. Just wait and see! ^^)

1 komentar: